tugas geo pak alex openbook


41. Jenis tumbuhan konifer dengan daun seperti jarum adalah ciri khas dari bioma......

A. Sabana
B. taiga
C. Hutan hujan tropis
D. tundra
E. Hutan gugur

penjelasan: Keanekaragaman tumbuhan pada bioma taiga cukup rendah dan vegetasinya seragam yang didominasi oleh pohon-pohon konifer. Tumbuhannya selalu hijau sepanjang tahun, meskipun dalam musim dingin dengan suhu sangat rendah, hal ini merupakan suatu adaptasi bagi tumbuhan agar tumbuhan tersebut mampu menyerap panas lebih banyak dan mampu berfotosintesis lebih awal.
Dengan lingkungan abiotik yang cukup ekstrem, maka tidak banyak tumbuhan yang mampu tumbuh pada lingkungan bioma ini. Tumbuhan konifer ini memiliki struktur morfologi daun yang berbentuk seperti jarum dan akar yang kuat. Daun yang berbentuk jarum ini dilindungi oleh lapisan lilin. Struktur daun seperti ini merupakan struktur yang merupakan bentuk adaptasi  yang sangat cocok pada lingkungan bioma taiga.  Struktur ini dapat membuat tumbuhan bertahan dari suhu yang sangat dingin dan pada suhu yang panas, serta membuat tumbuhan konifer tetap kokoh dari tumpukan salju. Maka dari itu, tumbuhan konifer sangat mendominasi bioma ini. Jenis tumbuhan konifer adalah seperti pohon pinus dan cemara. Selain tumbuhan konifer, bioma ini juga ditumbuhi oleh lumut kerak serta lumut pada permukaan tanahnya

42. Ciri dari bioma hutan hujan tropis adalah......
A. Tumbuh di daerah 4 musim, daun meranggas pada musim dingin
B. Curah hujan sangat rendah, tanaman berupa kaktus
C. Curah hujan tinggi dan daun lebat membentuk canopi
D. Tumbuh di iklim dingin, vegetasi berupa lumut
E. Tumbuh di daerah subtropika, daun seperti jarum
penjelasan: salah satu karakteristik bioma hutan hujan tropis adala kar
ena penyinaran matahari berlangsung sepanjang tahun maka memungkinkan pepohonan dapat tumbuh dengan optimal sehingga memiliki batang yang tinggi serta berdaun lebat membentuk kanopi. Ketinggian pohon yang terdapat pada hutan hujan tropis bisa mencapai 50 meter dan berdiamater besar dan memiliki tingkatan atau strata mulai dari paling atas hingga tingkatan terrendah berupa tanaman pendek penutup lantai hutan.43. Yang termasuk hewan tipe peralihan adalah sebagai berikut . . .
A. Cendrawasih, koala, burung kasuari               
B. Anoa, burung maleo, komodo
C. Harimau, badak, gajah                                          
D. Anoa, komodo, badak
E. Anoa, jerapah, orang utan
penjelasan: Fauna tipe peralihan memiliki ciri-ciri fauna asiatis dan ciri-ciri fauna australis. Fauna ini banyak terdapat di wilayah Indonesia bagian tengah seperti Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku Tengah, Maluku Tenggara dan beberapa pulau kecil di perairan laut dalam. Dari segi jenis dan jumlah, boleh jadi fauna tipe ini tidak sebanyak fauna tipe Asia maupun Australia. Namun, di kawasan ini terdapat beberapa fauna tipe Asia dan Australia, serta terdapat pula fauna yang tidak terdapat di kawasan lain di dunia.

Beberapa jenis fauna peralihan antara lain:

Contoh fauna peralihan
1. Anoa yaitu sejenis kerbau tetapi kerdil dan merupakan hewan endemik di Sulawesi. Anoa dibedakan menjadi 2, yaitu anoa dataran rendah (Bubalus depresicornis) dan anoa gunung (Bubalus quarlesi).
2. Babi rusa (Babyrousa babyrussa) merupakan hewan endemik di Sulawesi, dimana hewan ini memiliki taring mencuat hingga menyerupai tanduk dan memiliki cula yang melengkung ke atas.
3. Krabuku (Tarsius spectrum) lebih mirip kuskus daripada kera. Kepalanya mirip burung hantu hingga disebut juga kera hantu.
4. Rangkong sulawesi
5. Burung maleo (Macrocephalon maleo) hanya terdapat di Sulawesi.
6. Komodo (Varanus komodensis) merupakan binatang purba yang masih hidup dan hanya terdapat di pulau Komodo, Nusa Tenggara Barat.

44. Burung Kasuari merupakan hewan tipe . . .
A. Peralihan
B. papua
C. Asiatis
D. Australis
E. Oriental
penjelasan:Ini adalah penghuni hutan hujan soliter dan tidak berpindah-pindah, kadang-kadang menggunakan hutan padang rumput, hutan mangrove dan perkebunan buah yang berdekatan. Makanannya sebagian besar terdiri dari buah yang jatuh, meski cukup membeda-bedakan. Jarak antara 0 m dan paling sedikit 500 m di Papua Nugini, dan telah tercatat sampai 1.400 m di Australia.
45. Flora endemik yang dapat ditemui di daerah Papua adalah . . .
A. Matoa
B. raflesia
C. Eboni
D. kayu manis
E. Meranti
penjelasan:Matoa (Pometia pinnata) adalah buah khas, tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Umumnya berbuah sekali dalam setahun. Berbunga pada bulan Juli sampai Oktober dan berbuah 3 atau 4 bulan kemudian. penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 m dpl. Tumbuh baik pada daerah yang kondisi tanahnya kering (tidak tergenang) dengan lapisan tanah yang tebal. iklim yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang baik adalah iklim dengan curah hujan yang tinggi (>1200 mm/tahun).

46. Jenis bioma yang tumbuh di daerah Nusa Tenggara adalah . . .
A. hutan hujan tropis 
B. hutan bakau
C. hutan musin
D. sabana
E. gurun
Hutan sabana ini terbentuk di daerah perpaduan antara tropis dan sub tropis. Curah hujan yang kurang menyebabkan wilayah hutan sabana ini terbentuk. Sehingga hutan sabana ini lebih dikenal sebagai padang rumput tropis. Hutan sabana ini juga merupakan salah satu bagian dari daratan yang cukup unik. Hal ini karena iklim yang dimiliki tidak terlalu kering untuk menjadi padang pasir, namun juga tidak cukup basah untuk menjadi hutan. Beberapa daerah di dunia yang memiliki cukup banyak hutan sabana ini adalah Australia, Amerika Selatan, dan juga Afrika. Namun, hal ini bukan berarti Indonesia tidak mempunyai hutan sabana. Wilayah Indonesia yang mempunyai hutan Sabana ini adalah Nusa Tenggara Timur.

47. Tekstur tanah, kegemburan, dan air tanah merupakan faktor fisik yang memengaruhi pertumbuhan tanaman, yang termasuk dalam faktor .... 
A. klimatik 
B. biotik 
C. fisiografik 
D. biota 
E. edafik
 

Faktor yang mempengaruhi penyebaran flora dan fauna di muka bumi adalah faktor klimatik ( iklim), edafik( tanah), dan biotik ( makhluk hidup).
Jadi faktor edafik adalah faktor yang bergantung pada keadaan tanah.
Faktor yang mempengaruhinya 
1. Kesuburan tanah
2. Kelembapan tanah
3. Struktur / tekstur tanah
4. Ph tanah / keasaman tanah


48. Untuk beradaptasi dengan lingkungannya daun pinus dan cemara berbentuk seperti duri dan memanjang, hal tersebut dilakukan bertujuan untuk …
A. Mengurangi penguapan air
B. Melindungi diri dari musuh
C. Memperbesar penguapan
D. Mempermudah penyerbukan dan pembuahan
E. Meningkatkan penerimaan sinar matahari untuk berfotosintesis.
penjelasan: Cemara merupakan tanaman yang memiliki sejumlah ciri khusus. Salah satu ciri khusus cemara tersebut adalah bentuk pada daunnya yang menyerupai jarum. Bentuk daun mirip jarum tersebut merupakan hasil adaptasi dari pohon cemara. Dengan daun berbentuk jarum maka cemara bisa mengurangi penguapan sehingga air bisa tersimpan lebih baik.49. Padang rumput yang diselingi pohon-pohon perdu dan semak belukar merupakan karakteristik bioma....

A. Stepa
B. Gurun
C. hutan konifer
D. Sabana
E. hujan hujan tropis
penjelasan : 
Bioma Sabana memiliki ciri – ciri yang sama dengan ciri – ciri hutan sabana, yaitu sebagai berikut :

Daerah wilayah bioma sabana memiliki suhu yang panas sepanjang tahun
Memiliki curah hujan sekitar 90 – 150 cm/ tahun
Hujan terjadi secara musiman dan menjadi faktor penting bagi terbentuknya sabana
Lapisan tanahnya merupakan daerah resapan air dan sistem pengairan yang baik
Sabana berubah menjadi semak belukar jika terbentuk di daerah yang intensitas curah hujannya semakin rendah
Sabana akan berubah menjadi hutan basah belukar jika terbentuk di daerah yang intensitas curah hujannya semakin tinggi
Pada umumnya daerah bioma sabana akan mengalami kekeringan yang panjang setiap tahunnya.
50. Tanaman kaktus termasuk ke lompok .... 
A. mesophyta 
B. xerophyta 
C. higrophyta 
D. hidrophyta 
E. tropophyta

penjelasan: kaktus merupakan xerofit karena 
 kaktus hidup di daerah gurun yang gersang, tandus, kering dan tidak memiliki sumber air

51. Berbagai jenis flora dan fauna di Indonesia semakin berkurang dari tahun ketahun, penyebab utamanya adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. Konsumsi flora dan fauna oleh manusia yang berlebihan 
B. Rusaknya habitat flora dan fauna akibat kegiatan industri 
C. Banyaknya jenis penyakit yang mematikan flora dan fauna 
D. Manusia memanfaatkan flora dan fauna untuk keperluan hidupnya
E. Perkembangan penduduk yang cepat menyebabkan flora dan fauna terdesak

penjelasan : Kerusakan flora dan fauna sebenarnya menjadi tanda, bahwa bumi bukan lagi tempat yang bisa ditinggali dengan nyaman. Selain itu juga bisa menjadi tanda betapa buruknya manusia dalam hidup dan memperlakukan sesama makhluk hidup. Padahal tanpa kita sadari manusia hidup dari tanaman maupun hewan, dan manusia bisa tinggal diatas tanah yang disisinya dilindungi banyak flora dan juga berisikan banyak ekosistem yang berisikan fauna.

Comments

Popular Posts